Analisis SWOT

Minggu, 30 November 2014

Analisis SWOT merupakan metode perencanan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi suatu proyek atau spekulasi bisnis. Ada 4 aspek di dalam SWOT yang terbagi menjadi Faktor Internal dan Faktor Eksternal. Ke-empat aspek tersebut dapat digambarkan sebagai berikut :
Diambil dari Wikipedia

Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari produk / proyek / bisnis tersebut. Contoh : analisa penjualan Bakso. Faktor internal yang mendukung adalah : rasa bakso yang enak, varian rasa bakso yang banyak, ukuran bakso yang besar atau bakso tidak menggunakan bahan pengawet. Faktor internal yang merugikan adalah : bahan baku bakso mahal sehingga harga jual bakso juga mahal, varian rasa bakso belum maksimal kualitasnya atau bakso kurang kenyal.

Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari situasi / kondisi daerah pemasaran, perilaku calon konsumen atau kondisi alam. Pada contoh analisa penjualan bakso, faktor eksternal yang mendukung adalah masyarakat di Indonesia senang makan bakso, para pelajar, mahasiswa dan muda-mudi biasa menghabiskan waktu sore hari dengan jajan bakso, daerah pemasaran di dekat kampus merupakan daerah yang ramai mahasiswa. Faktor eksternal yang menjadi kendala adalah : banyak penjual bakso di daerah tersebut, mahasiswa mulai berhemat seiring dengan kenaikan harga bbm atau munculnya produsen makanan siap saji seperti quick chicken yang menyediakan fasilitas yang lebih nyaman bagi para mahasiswa.

Strength (kekuatan / kelebihan) merupakan nilai positif dari produk / proyek / bisnis yang akan dipasarkan / dijalankan. Opportunities (peluang) merupakan kesempatan / kondisi yang mendukung pemasaran / pelaksanaan spekulasi bisnis tersebut. Kedua aspek ini sangat membantu proyek / spekulasi bisnis kita.

Weaknesses (kelemahan / kekurangan) merupakan poin-poin kelemahan dari produk / proyek / bisnis yang akan dipasarkan / dijalankan. Threats (ancaman / kendala) merupakan situasi / kondisi yang akan menghalangi pemasaran / pelaksanaan spekulasi bisnis tersebut. Kedua aspek ini merupakan kendala - kendala yang harus dihadapi dan dicarikan solusi bagi proyek / spekulasi bisnis kita.

Berikut contoh pertanyaan yang dapat digunakan untuk menganalisa ke-4 aspek dalam penjualan sebuah produk :
Sumber: Sutini Dharma Oetomo, S.Kom

Melalui analisis SWOT dapat disimpulkan apakah suatu produk / proyek / bisnis layak dipasarkan / dijalankan.

Dari buku paket Prakarya dan Kewirausahaan halaman 118 - 119, siswa diminta untuk menganalisis peluang bisnis produk yang memanfaatkan sumber listrik terbarukan. Klik disini untuk melihat produk-produk apa saja yang dapat dijadikan contoh dalam analisis SWOT ini.

Semoga postingan ini dapat membantu.

0 komentar:

Posting Komentar