Studi Literatur Tenaga Surya

Senin, 10 November 2014

Studi literatur kali ini mengenai Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Ketentuan untuk studi literatur PLTS ini hampir sama dengan studi literatur biogas.

Namun untuk lebih mempermudah, maka saya akan memberikan arahan untuk pengerjaan studi literatur PLTS ini. Ada beberapa hal yang mendasari pembuatan studi literatur ini, yaitu penggunaan aplikasi pengolah kata, pemberian nomor halaman dan pembuatan daftar isi otomatis. Anda dapat meng-klik link yang ada untuk mengetahui langkah-langkah pembuatannya. Untuk sumber pustaka, Anda wajib mencantumkan baik untuk tulisan paragraph atau pun gambar, menggunakan Footnote. Klik link yang ada untuk mengetahui cara pembuatannya.

Format dokumen :
  1. Ukuran kertas : A4
  2. Ukuran margin kanan, atas dan bawah : 2,5 cm. Margin kiri : 3 
  3. Format Font : Times New Roman / Arial ukuran 12 pt
  4. Judul menggunakan Style Heading 1. Klik link untuk mengetahui cara membuatnya.
  5. Sub judul menggunakan Style Heading 2.
  6. Spasi : 1.15 pt
  7. Penomoran halaman di bagian bawah / Footer.
  8. Cantumkan 'Tugas Akhir Prakarya Semester 1' pada bagian Header. Klik link untuk mengetahui cara membuat header dan footer.
Format Studi Literatur :
  1. Cover halaman pertama berisi : Judul, Logo, Nama penulis dan Nama sekolah
  2.  Judul dibuat sendiri yang menarik, kriterianya : menunjukkan isi studi literatur yang dibuat dan membuat orang ingin membaca isinya.
  3. Daftar isi dibuat secara otomatis
  4. Bab 1. Pendahuluan yang berisi tentang jenis-jenis pembangkit listrik, sejarah pembangkit listrik tenaga surya dan kondisi pembangkit listrik tenaga surya di Indonesia.
  5. Bab 2. Teori Pembangkit listrik tenaga surya, alat atau komponen yang digunakan serta proses yang terjadi. Contoh-contoh pemanfaatan Pembangkit listrik tenaga surya di tingkat universitas di Indonesia.
  6. Bab 3. Contoh-contoh pemanfaatan PLTS di negara-negara lain (minimal 3 negara + foto-foto yang menunjukkan pemanfaatannya.
  7. Bab 4. Pemanfaatkan tenaga surya pada mainan mobil-mobilan, ceritakan tentang world solar challenge dan solar car challenge serta pembuatan mobil-mobilan tenaga surya di kelompok Anda.
  8. Bab 5. Saran Anda agar PLT Surya dapat dimanfaatkan di sekolah.
  9. Daftar Pustaka. (Daftar pustaka terdiri dari 2 macam, yaitu menggunakan footnote atau superscript dan daftar pustaka di bagian belakang dokumen.
Berikut daftar beberapa link untuk pembangkit listrik tenaga surya yang dapat dimanfaatkan :
  1. Energi Surya dari Wikipedia
  2. Pembangkit listrik tenaga surya dari Wikipedia
  3. Membuat mobil prototipe bertenaga surya
  4. Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Indonesia 
  5. Solar Car Challenge
  6. World Solar Challenge
Berikut beberapa gambar dari lomba mobil tenaga surya tingkat internasional







Semoga postingan ini bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar