Sistem Komunikasi

Rabu, 23 Juli 2014

Komunikasi merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari, karena kita adalah makhluk sosial. Komunikasi memungkinkan kita untuk mengungkapkan kebutuhan, pemikiran, dan pengetahuan kita kepada orang lain. Media komunikasi atau alat yang kita gunakan untuk berkomunikasi sangat beragam, mulai dari jaman purba hingga saat ini. Belajar mengenai media komunikasi sederhana atau tradisional membuat kita menjadi lebih tahu mengenai perkembangan alat komunikasi. Selain itu disaat terdesak entah dimana pun kita dapat mempraktekan komunikasi tradisional ini agar kita dapat tetap menjalin komunikasi dengan orang lain.


Intinya komunikasi adalah menyampaikan maksud yang kita miliki kepada orang lain agar orang lain dapat memahami dan membalas pesan kita. Untuk lebih memahami perkembangan komunikasi, dapat dilihat pada halaman Alat Komunikasi Sederhana.

Sistem Komunikasi
Komunikasi berasal dari kata comunicare dalam bahasa latin yang berarti membawa bersama untuk menggunakan bersama. Menurut Simons (1976), komunikasi selalu dikaitkan dengan adanya satu pesan atau informasi yang dikirim oleh sumber tententu melalui media tertentu kepada penerima, atau biasa disebut komunikasi dalam konteks dan situasi tertentu untuk mencapai tujuan.
Ada 3 komponen utama dalam komunikasi yang saling memengaruhi, sebagai berikut:
  1. Komunikan yaitu pengirim dan penerima pesan
  2. Pesan yaitu informasi yang dikirim / diterima
  3. Saluran atau media yang digunakan untuk mengirim pesan
Pesan yang dikirim dapat berupa gambar, teks, suara atau gambar gerak. Saluran atau media dapat dibedakan berdasarkan proses komunikasi tersebut, yaitu:
  1. Komunikasi satu arah, dimana penerima pesan tidak dapat membalas pesan yang dikirim secara langsung. Media yang digunakan seperti radio, televisi, pager, poster atau koran.
  2. Komunikasi dua arah, dimana penerima pesan dapat membalas pesan yang dikirim baik secara langsung maupun bergantian. Media yang digunakan seperti telepon, VOIP, Handy talkie, Fax, chat room, dll.
Prinsip Komunikasi
Komunikasi merupakan proses pengiriman pesan sampai umpan balik. Proses ini berlaku juga ketika kita menggunakan alat bantu komunikasi. Prinsip kerja alat komunikasi adalah sebagai berikut:


Berikut penjelasan mengenai diagram prinsip komunikasi pada alat komunikasi telepon:
Masukan,
berupa suara dari para pembicara yang masuk ke pesawat telepon. Input dari pengirim akan menjadi output bagi penerima dan sebaliknya.
Proses,
input suara yang masuk ke pesawat telepon berupa getaran suara yang diubah menjadi gelombang radio atau gelombang elektromagnet kemudian diubah kembali menjadi suara sesuai dengan suara yang dikeluarkan dari si pembicara.
Keluaran,
berupa suara yang dikeluarkan oleh pesawat telepon.

Aneka Jenis Produk Rekayasa sebagai Alat Komunikasi
Contoh aneka jenis produk rekayasa sebagai alat komunikasi adalah sebagai berikut:
  1. Televisi
  2. Telepon
  3. Bel listrik
  4. Interkom


Dari pembahasan diatas cobalah Anda buat latihan untuk mengevaluasi pengetahuan Anda di bidang komunikasi.

Daftar pustaka:
Prakarya dan Kewirausahaan untuk SMA-MA/SMK kelas X, Pesanggrahan Guru, Yrama Widya.

0 komentar:

Posting Komentar