Arsitektur komputer

Rabu, 30 Juli 2014

Mengulang posting saya yang telah lalu : 
Arsitektur komputer ini sama dengan organisasi komputer, mempelajari komponen-komponen di dalam komputer yang secara sederhana terbagi menjadi hardware maupun software. 

Berikut diagram arsitektur komputer secara hardware:



Jadi bagian-bagian di dalam komputer (apa saja) dapat di kelompokkan menjadi 2 bagian, yaitu: Hardware dan Software. Hardware adalah komponen perangkat keras yang ada di dalam komputer tersebut dan terbagi menjadi 5 macam, yaitu:
  1. Bagian Input
  2. Bagian Proses
  3. Bagian Output
  4. Bagian Penyimpanan / Storage
  5. Bagian Media Pengiriman / Transmission media
Secara sederhana, dapat digambarkan sebagai berikut :

Dari diagram diatas nampak alur data dari tiap bagian. 

Bagian Input
komponen-komponen komputer yang berfungsi untuk memasukkan (input) data. Komponen input ini bermacam-macam, contohnya : mouse, keyboard, microphone, joystick dll.

Bagian Proses
Bagian proses ini dikenal juga dengan nama CPU (Central Processing Unit) merupakan bagian dari komputer yang memproses atau mengolah data menjadi informasi. Pada diagram diatas nampak bahwa bagian CPU terdiri dari 3 bagian, yaitu:
  1. Unit pengendali (Control Unit)
  2. Unit penyimpanan primer (Primary Storage)
  3. Arithmetic Logic Unit
 * Control Unit
Tugas utama control unit adalah mengatur pemindahan (transfer) data ke CPU dan dari CPU. CU juga mengirimkan perintah untuk memindah data dari unit penyimpanan primer ke printer atau alat output lainnya. Jadi CU mengirim perintah ke semua komponen di dalam sistem, mengatur alur data di dalam sistem komputer.

* Arithmetic Logic Unit
Jika sebuah perintah melibatkan operasi aritmatika, atau membutuhkan pengujian nilai data, maka CU akan mengirimkan ke ALU (Arithmetic Logic Unit) yang merupakan bagian terpenting dalam CPU yang menangani operasi aritmatika dan logika, yang meliputi perbandingan dan operasi data lainnya. ALU memiliki media penyimpan internal yang digunakan untuk pengolahan data dan bersifat sementara yang disebut register.

 * Primary Storage
Unit penyimpanan primer ini, seringkali dibagi menjadi dua macam, yaitu RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory). RAM digunakan untuk menyimpan data dan program yang sedang digunakan atau diolah oleh pengguna komputer. ROM berisi program yang dibuat oleh pembuat sistem komputer tersebut, yang digunakan untuk :
  • membaca sistem operasi komputer
  • memeriksa peralatan yang ada di dalam unit sistem
  • menampilkan pesan dilayar monitor
Program demikian dikenal dengan istilah BIOS (Basic Input Output System). BIOS merupakan bagian yang penting dalam sistem. Pada saat komputer dihidupkan pertama kali, kondisi RAM masih kosong, sistem akan menjalankan perintah yang ada pada program BIOS yang kemudian akan menjalankan sistem operasi dan meletakannya pada RAM. Klik disini untuk pembahasan RAM yang lebih detail.

Bagian Output
Komponen-komponen yang digunakan untuk menampilkan hasil, contoh: monitor, printer, speaker.
Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan perangkat output menjadi satu dengan perangkat input, contoh pada komputer tablet layar sentuh. Input dan output menjadi satu pada bagian layar sentuh (touch screen)

Bagian Penyimpanan / Storage
Komponen yang digunakan sebagai secondary storage, yaitu jenis penyimpan yang tidak akan hilang atau terhapus jika komputer dipadamkan. Ada beberapa macam jenis penyimpan, yaitu:
  • Media penyimpan magnetik
  • Media penyimpan optik
  • Media penyimpan solid-state
Bagian Media Pengiriman / Transmission Media
Komponen yang digunakan untuk mengirimkan data dari satu / sekelompok komputer ke komputer / kelompok komputer yang lain, contoh : Hub, Repeater, Bridge, dll.

Tingkat dasar arsitektur komputer ini kemudian dikembangkan dengan memandang sistem komputer keseluruhan sebagai multilayered machine, yang terdiri dari beberapa layer software dan hardware seperti diagram berikut:


Sumber Pustaka :
  1. Wikipedia 
  2. muhamadsyani.wordpress.com
  3. Webopedia
  4. sramadhan13.wordpress.com 
  5. Longman ICT for IGCSE, Roger Crawford, Roland Birbal dan Joseph Blair
  6. sipitoon.wordpress.com
  7. aamilham.wordpress.com
  8. academia.edu (pembahasan detail mengenai fungsi dan jenis ROM)
  9. Cambridge IGCSE ICT Coursebook, Chris Leadbetter dan Stewart Wainwright
  10. Wikipedia / register

0 komentar:

Posting Komentar